Kamis, 25 Januari 2018

Ciri-Ciri Rubik Terbaik

Tipe-Tipe Rubik Yang Bagus

Hai,, selamat datang di sini, kalian ingin tau bagai mana ciri ciri rubik yg baik??, Sebenarnya saya juga masih pemula dalam bermain rubik, dan saya baru bisa menyelesaikan rubik tipe 3x3x3 dan rubik mirror. Nah,, sekarang saya akan memberikan informasi tentang bagaimana cara untuk mendapatkan Rubik yang bagus, berikut adalah ciri-ciri rubik berkualitas

 1. Gliding

putaran pada rubik, dinilai berdasarkan tingkat kelicinan dan berat / ringan nya putaran serta suara yang keluar pada sebuah rubik. rubik yang licin tetapi berisik sering disebut Crispy cube, saat ini kebanyakan Cubers lebih suka yang glidingnya smooth (tidak berisik).

 2. Cutting Corner

memotong, maksudnya adalah melakukan gerakan yang bertabrakan dengan bagian rubik lainnya yang belum memutar sempurna (90 derajat), dinilai berdasarkan luas sudut yang dapat diCut, dan seberapa lancar cuttingnya. (Note : rubik speed cube standar nya memiliki cutting corner 45 derajat)

3. Anti Pop Out

 yang harus dimiliki pada rubik speed cube, yaitu tidak mudah copot saat dimainkan cepat, fitur ini bergantung dengan mekanisme rubik masing masing. Rubik speed cube yang mahal juga biasanya tetap dapat terjadi pop out, fitur ini akan berkebalikan dengan cutting corner, bila settingnya dikendurkan Cutting corner akan bertambah tetapi akan mudah pop out.

4. Anti Lock up

fitur yang lebih wajib dimiliki oleh rubik speed cube, yaitu tidak nyangkut saat dimainkan, wajar nya setiap rubik pasti memiliki kondisi lock, tetapi pada rubik speed cube biasanya lock lebih jarang terjadi.


5. Berat Rubik


rubik speed cube normal memliki berat kisaran 60 sampai 100 gram. bila lebih biasanya rubik akan terasa berat putarannya, berat ini juga bergantung dengan bahan plastik yang digunakan.
contoh rubik yang ringan adalah YJ guanlong (64gram),
contoh rubik yang berat tetapi nyaman digunakan adalah Fangshi (92gram),
ada juga contoh rubik yang sangat berat adalah rubik QJ Megaminx tiled color (152gram)

6. Color Scheme & sticker

Color scheme adalah skema warna, yang internasional rubik memiliki skema warna : (putih berlawanan dengan kuning , merah dengan oranye, dan hijau dengan biru) ,
untuk bahan nya sendiri ada banyak tipe yaitu:
- Vinyl sticker = semacam sticker plactik mengkilap (contoh YJ / Moyu)
- Glossy stciker =  bahan kertas sticker laminating (Yuxin)
- Tiled Color = bahan dari plastik solid & keras, ditempel pakai lem / ada lubang slot nya
- Sticker Less = warna plasti pada setiap sisi berbeda, tidak pakai sticker
- Painted Spray = cat semprot
- Texture stciker  = mirip dengan vinyl sticker bedanya warna nya lebih redup , dan sticker lebih kasar ditangan , karena ada tekstur nya agar tidak licin di jari.




Inilah Tipe-Tipe rubik mudah-mudahan akan membantu untuk mencari informasi tentang rubik

Rubik jenis ini memiliki beberapa tipe:
a. Tipe A (Guo Jia), yaitu tipe yang paling umum di Cina. Putaranya halus dan baik dalam cuting corner, tapi bobotnya cukup berat. Tipe ini memiliki jalur di bagian edge nya sehingga anti pop out namun rentan lock up

b. Tipe B (Sheng En), putaranya bisa dibilang berat dan menurut saya ini kurang cocok untuk speedcubing.

c. Tipe C (Rubik's DIY Replica), Putaranya lebih cepat daripada tipe A dan tidak mudah nyangkut

d. Tipe D (Yong Jun), kualitas rubik ini sama dengan tipe A, namun bobotnya lebih ringan. akan lebih baik jika mengganti core-nya dengan tipe A dan mengganti piece-nya dengan tipe C. Dalam kondisi screw yang kencang rubik ini masih lancar jika diputar

e. Tipe E (Dian Sheng), kualitasnya kurang baik saat pertamakali digunakan, namun akan lebih ringan dan enak setelah di lubrikasi atau dilumasi. Stiker ini memiliki warna yang berupa cat, bukan berupa stiker pada rubik umumnya.

f. Tipe F (Sheng En), rubik ini dikenal dengan putaranya yang paling halus dibandingkan semua tipe DIY. Tetapi disamping itu rubik ini memiliki kelemahan yaitu core nya yang mudah rusak. rubik ini akan lebih baik jika core-nya diganti dengan core tipe A

g. C4U (Cube 4 You), rubik jenis ini sangat populer dikalangan speedcuber. Tipe ini banyak diminati karna kemampuan cutting corner-nya yang mantap dan tidak mudah pop out.

3 komentar: